Header Ads Widget

+ Ikuti

10 Soal Essay Ujian Tengah Semester 1 Tahun Pelajaran 2025-2026 (Lanjutan)

Mata Pelajaran: Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas X Bab 1: Kompetisi dalam Kebaikan dan Etos Kerja

Berikut adalah 10 soal essay tambahan yang dirancang untuk menguji pemahaman siswa terhadap materi bab secara keseluruhan, dengan penekanan pada penerapan, manfaat, dan cara menumbuhkan sikap. Setiap soal dilengkapi dengan jawaban contoh (sebagai panduan penilaian) dan penjelasan (untuk guru atau siswa dalam memahami alasan jawaban).

Soal 11:

Jelaskan lima karakteristik orang yang memiliki etos kerja tinggi menurut ajaran Islam, beserta contoh penerapannya bagi seorang pelajar!

Jawaban Contoh: Lima karakteristik etos kerja tinggi adalah: (1) Memiliki sikap disiplin: Seorang pelajar mengerjakan tugas tepat waktu tanpa menunda. (2) Selalu menghargai waktu: Menggunakan istirahat sekolah untuk membaca Al-Qur'an, bukan bermain gadget. (3) Memiliki inisiatif: Mengusulkan ide proyek kelompok untuk gotong royong membersihkan kelas. (4) Bertanggung jawab dalam bekerja: Menyelesaikan PR mandiri tanpa menyalin teman. (5) Memiliki dedikasi tinggi: Belajar dengan sungguh-sungguh meski lelah, untuk hasil maksimal.

Penjelasan: Berdasarkan halaman 10 dokumen. Jawaban menguji pemahaman karakteristik dan relevansi dengan kehidupan pelajar. Penilaian: 10 poin (2 poin per karakteristik, termasuk contoh).

Soal 12:

Sebutkan dan jelaskan tiga sebab pentingnya etos kerja bagi umat Islam, serta hubungannya dengan kekuatan ekonomi!

Jawaban Contoh: (1) Islam memerintahkan kerja keras: Seperti QS. At-Taubah/9:105, untuk hasil berkualitas dan derajat tinggi di hadapan Allah. (2) Memberi peluang hasil maksimal: Meningkatkan produktivitas, sehingga umat Islam kuat ekonomi dan mandiri. (3) Menyelamatkan iman diri dan orang lain: Hindari kemiskinan yang dekati kekafiran, sehingga bisa beramal lebih banyak. Hubungan dengan ekonomi: Etos kerja ciptakan kekuatan finansial, memungkinkan infak dan hindari bergantung orang lain.

Penjelasan: Dari halaman 11 dokumen. Penilaian: 10 poin (3 poin per sebab, 1 poin hubungan). Dorong kutip dalil untuk kedalaman.

Soal 13:

Jelaskan enam manfaat etos kerja bagi umat Islam, dan berikan contoh bagaimana etos kerja menjadi bentuk jihad!

Jawaban Contoh: Manfaat: (1) Hasil kerja maksimal; (2) Produktivitas dan efisiensi; (3) Lingkungan kerja positif; (4) Umat Islam kuat ekonomi; (5) Menyelamatkan iman diri/orang lain; (6) Dicintai Allah dan Rasul. Contoh jihad: Etos kerja lawan kemiskinan (seperti kata Ali bin Abi Thalib: "Kefakiran dekati kekafiran"), misalnya pelajar bekerja keras belajar untuk sukses mandiri, bukan mengemis, sehingga perangi keterbelakangan.

Penjelasan: Halaman 11 dokumen. Penilaian: 10 poin (1 poin per manfaat, 4 poin contoh jihad). Hubungkan dengan konteks modern seperti kemiskinan pascabencana.

Soal 14:

Sebutkan dan jelaskan delapan prinsip etos kerja menurut H. Sinamo, serta bagaimana prinsip tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan pelajar!

Jawaban Contoh: Prinsip: (1) Kerja adalah rahmat: Lihat belajar sebagai berkah. (2) Amanah: Kerjakan tugas jujur. (3) Panggilan: Belajar sebagai panggilan ilahi. (4) Aktualisasi: Kembangkan potensi diri. (5) Ibadah: Belajar sebagai ibadah. (6) Seni: Kerjakan dengan kreatif. (7) Kehororatan: Hormati guru dan teman. (8) Pelayanan: Bantu teman belajar. Penerapan: Pelajar terapkan dengan disiplin belajar harian, lihat tugas sebagai ibadah untuk aktualisasi diri.

Penjelasan: Berdasarkan halaman 11 dokumen. Penilaian: 10 poin (1 poin per prinsip, 2 poin penerapan). Jawaban tunjukkan integrasi dengan nilai Islam.

Soal 15:

Jelaskan cara menumbuhkan etos kerja dalam diri umat Islam, dan berikan contoh penerapannya dalam bulan Ramadan!

Jawaban Contoh: Cara: (1) Hargai waktu: Prioritaskan ibadah sebelum kerja. (2) Komitmen: Tetap semangat meski puasa. (3) Kejujuran: Kerja ikhlas tanpa pamrih. (4) Konsisten: Rutin tadarus Al-Qur'an pagi hari. (5) Ikhlas dan syukur: Lihat kerja sebagai ibadah. (6) Tanggung jawab: Selesaikan tugas tepat waktu. (7) Tekun: Belajar meski lapar. Contoh Ramadan: ASN tetap semangat kerja sambil tadarus dan kultum, seperti stimulus halaman 15.

Penjelasan: Halaman 11 dan stimulus halaman 15. Penilaian: 10 poin (1 poin per cara, 3 poin contoh). Kaitkan dengan stimulus untuk relevansi.

Baca Juga:

Soal 16:

Berdasarkan hadis dari Abu Hurairah RA tentang iri hati yang dibolehkan, jelaskan dua hal yang boleh diiri dan penerapannya dalam kehidupan sekolah!

Jawaban Contoh: Dua hal: (1) Iri pada yang rajin Al-Qur'an (membaca malam/siang hingga tetangga kagum): Di sekolah, iri pada teman hafal Qur'an, lalu ikuti dengan tadarus harian. (2) Iri pada yang infak harta untuk kebenaran: Iri pada teman infak Rp5.000, lalu tingkatkan menjadi Rp10.000 diam-diam. Penerapan: Dorong kompetisi positif, seperti salat Duha di masjid sekolah.

Penjelasan: Halaman 12 dokumen. Penilaian: 10 poin (4 poin per hal, 2 poin penerapan). Jawaban hindari iri negatif.

Soal 17:

Jelaskan bagaimana etos kerja menjadi bagian dari jihad umat Islam, dan berikan lima contoh penerapan bagi pelajar!

Jawaban Contoh: Etos kerja sebagai jihad: Melawan kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan (kata Ali: "Kefakiran dekati kekafiran"), ciptakan kekuatan ekonomi mandiri. Contoh pelajar: (1) Belajar sungguh-sungguh; (2) Kerjakan tugas mandiri; (3) Ikut lomba cerdas cermat; (4) Bantu orang tua tanpa diminta; (5) Hindari menyontek ujian untuk tanggung jawab.

Penjelasan: Halaman 13-14 dokumen. Penilaian: 10 poin (4 poin penjelasan, 1 poin per contoh). Hubungkan dengan larangan mengemis.

Soal 18:

Berdasarkan stimulus tentang kemiskinan di Palu (halaman 15), jelaskan hubungan etos kerja dengan pengangguran, serta solusi Islamnya!

Jawaban Contoh: Hubungan: Pascabencana dan pandemi tingkatkan pengangguran/kemiskinan karena kurang etos kerja, menyebabkan ketergantungan. Solusi Islam: (1) Kerja keras sesuai QS. At-Taubah/9:105; (2) Kompetisi kebaikan seperti infak untuk motivasi; (3) Didik etos kerja sejak dini; (4) Hindari malas, fokus hasil maksimal untuk kuat ekonomi.

Penjelasan: Stimulus halaman 15. Penilaian: 10 poin (5 poin hubungan, 5 poin solusi). Dorong analisis kontekstual.

Soal 19:

Jelaskan kearifan equilibrium dalam Al-Qur'an terkait etos kerja, dan bagaimana menerapkannya sebagai pelajar!

Jawaban Contoh: Kearifan equilibrium: Keseimbangan dunia-akhirat (QS. Al-Qasas/28:77, sebutan dunia=akhirat 115 kali). Etos kerja: Kerja sungguh-sungguh tapi jangan lupakan ibadah. Penerapan pelajar: Belajar keras untuk sukses (dunia) sambil tadarus dan salat tepat waktu (akhirat), hindari budaya instan.

Penjelasan: Stimulus halaman 23. Penilaian: 10 poin (5 poin penjelasan, 5 poin penerapan). Kutip ayat untuk akurasi.

Soal 20:

Berdasarkan proyek penelitian halaman 24-25, jelaskan tujuan proyek tersebut dan langkah-langkah pelaksanaannya bagi kelompok siswa!

Jawaban Contoh: Tujuan: Jadikan siswa hamba beruntung, unggul, kuat ekonomi melalui penelitian kompetisi kebaikan dan etos kerja (dimensi beriman, mandiri, gotong royong, kreatif). Langkah: (1) Ketua pilih anggota; (2) Penelitian individu via wawancara/media sosial; (3) Rekap dan diskusi kelompok; (4) Buat laporan dengan video/statistik; (5) Presentasi dan refleksi.

Penjelasan: Halaman 24-25 dokumen. Penilaian: 10 poin (4 poin tujuan, 6 poin langkah). Jawaban tunjukkan dimensi proyek.

Post a Comment

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

0 Comments

BLOG INI MENAMPILAN TULISAN LAYAK BACA YANG MEMUAT BERBAGAI MACAM ILMU DAN INFORMASI TERKINI DAN TERAPDATE, JANGAN LUPA KLIK TOMBOL BERLANGGANA UNTUK MENDAPATKAN NOTIFIKASI POSTINGAN TERBARU. TERIMAKASIH...!